PTS Pun Terkena Imbas..

PTS Pun Terkena Imbas…
Senin, 27/06/2011 00:51 WIB – Tim Unisri

Pembukaan jalur mandiri yang berlapis-lapis menunjukkan bukti kemitraan PTN dan PTS yang tidak berjalan baik. Berlapis-lapis di sini maksudnya tak hanya jalur mandiri untuk jenjang sarjana tetapi juga kelas malam (ekstensi) dan diploma.
Hal itu diutarakan Wakil Rektor III Universitas Slamet Riyadi, Drs Yusuf MPd. Dampak dari kesemuanya itu, kata dia, input mahasiswa yang masuk ke swasta relatif lebih rendah secara kualitas. Padahal, lahirnya PTS dikarenakan keterbatasan negara menyelenggarakan pendidikan.
Dikarenakan input kurang baik maka menyebabkan PTS kurang dapat bersaing dengan mahasiswa PTN. “Sebagai contoh program beasiswa Bidik Misi, seharusnya Dikti memberi kuota kepada PTS bukan hanya untuk PTN. Dengan adanya beasiswa tersebut PTS akan memiliki input mahasiswa yang berkualitas sehingga dapat mendorong dan memotivasi mahasiswa lain di lingkungan kampus PTS,” papar dia.
Oleh karenanya pembukaan jalur mandiri, lanjut dia, harus tetap memperhatikan kuota idealnya suatu program studi bukan hanya mengejar kuantitas mahasiswa yang diterima. Yusuf menambahkan opini masyarakat yang menganggap PTN lebih baik meskipun mahal tidak sepenuhnya benar.
Kualitas mahasiswa tidak hanya ditentukan lingkungan kampus dan sistem pembelajaran tetapi kembali kepada kompetensi mahasiswa masing-masing. Oleh karena itu, PTS harus secara sungguh-sungguh meningkatkan proses pendidikan tidak hanya sekadar pembelajaran sehingga melahirkan lulusan yang siap bersaing dengan lulusan manapun. “Ini penting untuk membuktikan bahwa opini masyarakat tersebut salah,” terang dia.

Tim Unisri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s